Tidak seperti biasanya, kali ini saya mau menyuguhkan pantun terlebih dahulu sebagai sarana untuk menyambut sahabat yang ganteng dan cantik sekalian, wess pantun apa ya?. Udah mohon dibaca dengan senang hati, oke.
“Bang Mamad makan ketupat
Makan ketupat habisnya dua porsi
Bagaimana kabar kalian wahai sahabat
Semoga kesehatan selalui menyertai”

www.ayomaju.info.com
.
Banyak hal yang terjadi, banyak hal yang datang dan pergi, rasa suka dan duka yang menghampiri silih berganti mendatangi. Semua kejadian yang ada saya percayai adalah suratan takdir yang harus dijalani dengan senang hati dan kesabaran hati. Mungkin pernah dalam satu momen kalian tidak bisa menerima begitu saja sesuatu yang sudah terlanjur terjadi, menghadapinya dengan penuh penyesalan dan rasa galau yang menjadi-jadi menurut saya bukanlah pilihan yang tepat. Saya pernah mengalami sesuatu yang memang bukan keinginan hati, berusaha keras mengejar sesuatu namun tidak berhasil adalah sesuatu yang bukan barang baru bagi saya pribadi. Tak jarang apa yang saya usahakan itu tak serta merta langsung berhasil, ya tidak serta merta, dari sanalah saya belajar bahwa dalam proses berusaha itu tidak selalu langsung berhasil namun kadang butuh usaha yang kedua bagi saya untuk mewujudkannya.

Itulah mengapa menghadapi semua permasalahan dengan penuh penyesalan dan rasa galau yang menjadi-jadi dalam sudut pandang ketika kamu gagal adalah metode yang sangat salah bagi saya, karena seperti yang saya katakan tadi dan seperti yang saya alami sendiri semua hal itu tidak berguna sama sekali. Hal itu tidak akan memperbaiki keadaan, tidak membuat apa yang kamu sesali dan galaui itu berubah menjadi seperti yang kamu inginkan. Sebagai insan biasa yang tidak sempurna saya akui bahwa pernah pada satu titik ketika berusaha dan mengalami kegagalan saya merasa galau, dan pernah juga pada satu titik ketika menghadapi kegagalan atau yang tidak sesuai dengan keinginan hati saya pribadi, saya dapat menerimanya dengan senang hati dan tersenyum ketika mengalaminya. Dari kedua hal yang pernah saya jalani tersebut menurut perasaan yang saya rasakan, indah rasanya jika saja setiap permasalahan yang datang dapat kita terima dengan senang hati dan bahkan dengan senyuman.

Ketika semua keinginan yang direncanakan tidak sesuai dengan kenyataannya, maka untuk membuat diri kita menerima semua hal yang terjadi adalah dengan cara ikhlas dan membuka hati terhadap apa yang sedang terjadi, menyadari bahwa hal yang terjadi tersebut hanyalah cobaan atau ujian. Jadi, hal yang harus dilakukan adalah menganalisa diri dan usaha yang dilakukan untuk mengetahui alasan mengapa hal tersebut menimpamu. Bangkit dan penuh keyakinan akan tiba saatnya bagi dirimu suatu hari nanti mewujudkan apa yang kamu inginkan tersebut menjadi suatu kenyataan, yang pada akhirnya mendorong dirimu untuk bangkit dan berusaha kembali dengan usaha yang sungguh-sungguh. Untuk dapat membuatmu menerima kegagalan atau sesuatu yang bertentangan dengan hati adalah dengan menghadapinya juga dengan hati, yaitu hati yang penuh ikhlas terhadap suatu kejadian sehingga melahirkan hati yang penuh syukur dengan keadaan sekarang. Hati yang lapang terhadap suatu kejadian sehingga mencetak hati yang sabar terhadap segala cobaan yang datang. Dan pada akhirnya, ikhlas dan sabar tersebut pada saat titik tertentu setelah melalui usaha yang sudah maksimal namun sesuatu yang kamu usahakan tersebut tidak berjalan sesuai keinginan maka selanjutnya yang lahir adalah hati yang ridha dengan ketentuan yang sudah terjadi.

Nah demikian 3 bentuk hati yang saya sangat senang jika bisa menerapkannya di dalam kehidupan ini yaitu tadi, hati yang penuh syukur, hati yang sabar, dan hati yang ridha terhadap segala kejadian. Semoga hal ini dapat membantu, sederhana namun penuh dengan berjuta makna. Mudah mengatakan belum tentu mudah menerapkan.


8 Comments

Wahab Saputra said…
Makasih Mas,,,
Artikel'y sudah memberi saya inspirasi yang positif...
Ensu567 said…
Lebih baiknya gunakan semacam bold atau bulletin liat gan supaya enak dibaca.
Indahsusantiid said…
Bikin hati jadi adem. Thanks kak.
Indahsusantiid said…
Bikin hati jadi adem. Thanks kak.
luar biasa gan....inspiratif banget
Unknown said…
wow nice post gan
Handoko said…
wah mantap nih tambah ilmu,nece info