Universitas Lambung Mangkurat (ULM) merupakan perguruan tinggi negeri tertua di Kalimantan. Berlokasi di Kota Banjarmasin provinsi Kalimantan Selatan kampus ULM sudah umum sangat dikenal terutama oleh penduduk di pulau Kalimantan. Banyak siswa lulusan SLTA/sederajat yang berlomba-lomba agar bisa lulus saat melakukan proses seleksi pendaftaran mahasiswa baru. Bahkan, tak sedikit orang-orang dari luar Kalimantan Selatan yang juga ikut bersaing agar mendapat kesempatan untuk mengenyam pendidikan dan menggunakan almamater ULM tercinta. Sebagai alumni yang baru saja menyelesaikan pendidikan di kampus ini, tentu sangat bangga dengan perkembangan pesat yang terjadi sejak mula-mula menginjakkan kaki saat melakukan pendaftaran sampai proses penyelesaian pendidikan. ULM sudah banyak melakukan peningkatan dan pengembangan pada berbagai komponen seperti sarana prasarana, lingkungan, proses pembelajaran dan pelayanan.


Apalagi tahun 2019 ini mungkin menjadi tahun yang bersejarah, karena kampus tertua di Kalimantan ini resmi mendapatkan akreditas A tahun 2019-2024 dari BAN-PT. Suka cita tentu dirasakan oleh seluruh pihak-pihak civitas akademik dan masyarakat sekitar. Sebab mereka sekarang memiliki kampus yang sudah terakreditasi A. Hal itu tentu menjadi gambaran bahwa ULM merupakan kampus yang memiliki keunggulan dan terkelola dengan baik sehingga akan menambah kepercayaan masyarakat bahwa di kampus ini pemuda-pemuda sebagai generasi bangsa dapat dititipkan. Dibawah nahkoda Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc. selaku rektor universitas lambung mangkurat dibantu dengan jajaran dan civitas akademik ULM lainnya secara bergotong royong berusaha untuk terus memberikan kemajuan untuk kampus ini. Hal ini menjadi hadiah yang baik untuk benar-benar mewujudkan ULM sebagai kampus terkemuka dan berdaya saing.

Tahun 2019 ini, ULM juga sudah memiliki sekitar 49 guru besar dilingkungan kampus dan tidak menutup kemungkinan dapat terus bertambah. Terus bertambahnya guru besar ini berarti target bahwa universitas lambung mangkurat memiliki 100 guru besar pada tahun 2023 tentu sangat realistis untuk diwujudkan. Apalagi dengan adanya program dosen wajib meneliti yang dicanangkan pada tahun 2020 oleh rektor ULM tentu akan memberikan akses percepatan dalam menemukan professor-professor baru. Menjadi suatu harapan besar dan kebanggaan jika suatu saat nanti kampus ULM memiliki banyak guru besar dengan relatif umur yang masih muda, kompeten dan penuh karya pula. Hal ini tentu akan memiliki dampak yang besar kepada mahasiswa-mahasiswanya untuk berlomba dalam berkarya melalui bimbingan langsung dari para dosen. Dampak beriringan tentunya akan tercipta jika dosen yang ada penuh karya akan mampu menginspirasi mahasiswanya juga untuk melahirkan karya.


Kondisi kampus ULM yang terletak di lahan basah juga memiliki potensi untuk melakukan pengembangan dan pemanfaatan potensi lingkungan lahan basah. Banyak agenda yang dilakukan kampus untuk menunjukkan pengembangan yang dapat dilakukan. Salah satunya yaitu dengan melakukan kajian-kajian tentang potensi lahan basah, bahkan terdapat kajian jurnal skala internasional yaitu Journal of Wetland tentang kajian lahan basah. Hal ini tentu akan menjawab harapan-harapan bahwa kampus ULM dapat menjadi pusat kajian lahan basah di dunia.

Melihat pencapaian-pencapaian yang sudah didapatkan oleh kampus ULM seperti yang disebutkan di atas tentu tak menjadi khayalan bahwa ULM dengan dinahkodai oleh  Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc. dapat menjadi Universitas yang unggul, terkemuka dan berdaya saing di bidang lingkungan lahan basah. Apalagi dengan penambahan-penambahan fasilitas sarana dan prasarana yang dapat menunjang perkuliahan, keterbukaan informasi, kerja sama aktif dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri, pemanfaatan teknologi E-learning dalam proses perkuliahan dan mahasiswa-mahasiswanya yang juga telah banyak berprestasi baik dalam skala nasional maupun internasional sehingga sudah sewajarnya jika Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dapat melompat lebih jauh dan menjadi perguruan tinggi kelas dunia. Tidak ada yang mustahil dalam mewujudkannya, oleh karena itu marilah kita urunan tangan untuk sama-sama mewujudkan "ULM Terkemuka dan Berdaya Saing".

Post a Comment